FAQ Aplikasi TKPKN

Proses Transfer Data tidak dapat membentuk file tmp

Kemungkinan disebabkan user tidak menginstal aplikasi dengan benar/aplikasinya hasil copy-paste dari komputer lain. untuk mengatasinya, user dapat melakukan install ulang aplikasi atau menginstal xzip.dll secara manual dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  • buka folder aplikasi TKPKN, misal di “C:\Aplikasi TKPKN”
  • cari file xzipreg.bat >> klik kanan >> edit
  • ubah kode pada baris
regsvr32 /s xzip.dll
ubah menjadi
regsvr32 xzip.dll
hilangkan "/s"-nya
  • Save dan tutup editor
  • masih di file xzipreg.bat >> klik kanan >> Run as administrator
  • tunggu sampai muncul notifikasi berhasil
  • klik kanan >> Run as administrator pada file tkpkn.exe dan jalankan aplikasi seperti biasa
jika menggunakan Windows 64bit:
  • buka window explorer, arahkan ke c:\windows\system32
  • cari file cmd.exe kemudian klik kanan run as administrator
ketikkan:
cd \windows\syswow64
ketikkan 
regsvr32 <lokasi file xzip.dll> 
(sesuaikan dengan lokasi folder aplikasi tkpkn, dimana file xzip.dll berada), misal:
regsvr32 "c:\program files\aplikasi TKPKN\xzip.dll" 


Pembayaran rapel TKPKN tidak dapat diproses

Untuk membayar rapel TKPKN, pegawai yang bersangkutan harus sudah dibayarkan dengan grade baru bulan sebelumnya. Misalnya seorang pegawai naik grade dari 7 menjadi 8 TMT 1 Januari 2013, SK baru diterima bulan Mei sehingga bulan Mei dibayarkan TKPKN grade 8. Maka pada bulan Juni 2013 dapat dimintakan TKPKN untuk membayar kekurangan TKPKN bulan Januari s.d. April.


User tidak dapat menghitung ulang permintaan TKPKN bulan sebelumnya

Sesuai bisnis proses aplikasi TKPKN, bulan yang telah dibuatkan LPP-nya tidak dapat diproses lagi permintaannya. Misalnya pada bulan April user telah membuat LPP dan pada saat akan membuat permintaan bulan Mei diketahui ada kesalahan dalam permintaan bulan April, maka proses hitung ulang permintaan bulan April akan ditolak oleh aplikasi karena bulan tersebut telah dibuatkan LPP-nya. Oleh karena itu user harus memperhatikan beberapa hal dalam penggunaan aplikasi TKPKN:
  • proses perekaman data harus dilakukan secara berurutan, mulai dari pengecekan/perubahan data pegawai, permintaan, pembayaran, sampai pembuatan LPP. jangan sampai ada menu/submenu yang terlewat
  • kerjakan dengan cermat, tidak tergesa-gesa
  • lakukan backup dan transfer data setiap bulan
  • jika terjadi kesalahan, lakukan proses Restore Data pada bulan sebelumnya. ulangi proses permintaan s.d. LPP pada bulan terjadi kesalahan. Misalnya satker ingin memperbaiki data bulan April seperti kasus di atas, Restore Data bulan Maret kemudian lakukan perekaman ulang bulan Mei (edit data pegawai, permintaan, pembayaran s.d. LPP)
catatan: perbaikan data pada bulan tertentu kemungkinan akan mengubah saldo pada LPP bulan tersebut. ini akan mempengaruhi saldo LPP bulan-bulan setelahnya. sehingga perekaman ulang juga harus dilakukan pada bulan berikutnya

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Unknown
admin
March 3, 2014 at 12:35 PM ×

kalo file tmp akhirnya sudah terbentuk setelah mengkuti langkah-langkah di atas, tapi ternyata setelah di upload ke monika, saat proses sinkronisasi data histori file kosong, itu kenapa??

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment